Kemajuan Pembangunan Tabalong Islamic Center

Tanjung, - Pembangunan Tabalong  Islamic Center (TIC) ditargetkan diusahakan bisa digunakan salat tarawih pada bulan Ramadhan tahun 2012 ini. Hal ini dikatakan konsultan perencana pembangunan TIC Alit Adiono saat menyampaikan paparan di acara penyusunan kalender kegiatan TIC.

“Kita tergetkan bulan Ramadhan ini sudah bisa dimanfaatkan untuk slat tarawih, sehingga masyarakat bisa berkunjung kesana,”. Jika selesai dibangun, pada bagian masjid TIC yang berlantai dua itu bisa menampung jemaah sebanyak 3590 orang. Tidak hanya sampai disitu, TIC akan dilengkapi dengan fasilitas – fasilitas yang memadai seperti 100 titik tempat wudhu, 19 toilet dan 11 wastafel. Hal ini diharapkan, jemaah yang hendak shalat atau aktivitas lainnya tidak perlu mengantre.

Dari informasi yang dipaparkan, TIC juga memiliki tempat latihan ibadah haji. Baik untuk manasik, tawaf, lempar jumra’ dan sa’i. Luas area manasik seluas 1561 meter persegi dengan daya tamping 1450 jemaah. Sedangkan area untuk latihan Sa’I seluas 39,75 meter dengan luas 790 meter persegi dan bisa menampung 800 orang.

Konsultan  pembangunan TIC juga mengungkapkan, keberadaan ruangan lainnya di TIC antara lain ruang kantor badan pengelola, ruang perpustakaan umum, area kantor yang bisa disewakan, mini market, toko baju, toko kebutuhan haji, toko souvenir, apotik, dan ruang komersial lainnya. Semua pendapatan dari penyewaan ruang komersial ini akan dipergunakan untuk perawatan TIC.

TIC juga memiliki Gedung Auditorium yang bisa dimanfaatkan untuk pertemuan, seminar, resepsi pernikahan dan lain – lain. Dengan luas ruangan mencapai  715 meter persegi, Auditorium TIC bisa menampung 500 – 700 orang. ****(Hum/Rdr)