PELAKU PNPM-MP GELAR LOKAKARYA

TANJUNG – Pelaku Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) kembali disegarkan. Melalui acara lokakarya Mid-Review PNPM MP di Gedung Informasi Pembangunan Tanjung Selasa (23/10) kemarin diharapkan pelaku bisa lebih giat melaksanakan program tersebut.

Wakil Bupati Tabalong H Muchlis sendiri yang membuka acara tersebut. Tidak lupa dia juga menjelaskan PNPM adalah penanganan berbagai masalah dalam rangka penanggulangan kemiskinan. “Ini merupakan tanggung jawab bersama dengan mengoptimalisasikan peran masyarakat dan pemerintah, serta kelompok orang yang peduli,” katanya.

Dengan begitu, katanya, akan tercipta integrasi antar pelaku semakin terarah, dan berujung pada strategis bagi kebijakan dan program pembangunan daerah. “Lokakarya ini suatu upaya merefleksikan perjalanan program dengan berbagai dinamika di tingkat desa dan kelurahan,” jelasnya.

Program PNPM MP ini dilaksanakan di dua kecamatan di Kabupaten Tabalong. Yaitu di Kecamatan Tanjung dan Murung Pudak. Pembagianya tidak rata, melainkan berdasarkan paket yang diajukan masyarakat setempat. Keberadaan paket pekerjaan itu diharapkan bisa menyentuh semua sektor masyarakat.

Selaku Tim Leader PNPM MP Kalsel, Deni Jauhari pun mengatakan, program PNPM MP di Tabalong sudah berjalan baik. “Ini karena komitmen pemerintah yang menginkan. Sehingga ada perbaikan,” katanya.

Dari ungkapan tersebut, Deni juga menyebutkan, Tabalong juga sebagai penyelenggara terbaik. Bahkan, ada tiga desa dan kelurahan yang patut mendapat perhatian. “Tiga desa dan kelurahan itu diantaranya, Kelurahan Jangkung, Desa Mahe dan Desa Puain Kanan,”(Hum/Radar Bjm)