Tabalong Raih 14 Piala STQ Kalsel

TANJUNG- Kabupaten Tabalong nihil gelar juara pertama di Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2013 di Amuntai Hulu Sungai Utara beberapa waktu lalu. Dengan begitu, tidak ada kafilah Tabalong yang mewakili Kalsel di kancah nasional di Bangka Belitung.

Meski demikian, rasa bangga masih menyelimuti para kafilah yang dihantarkan dalam ajang STQ tersebut. Pasalnya, 27 cabang yang diikuti berhasil membuahkan 14 piala untuk dibawa pulang. Dengan diraihnya piala sebanyak itu, Kabupaten Tabalong pun berhasil naik peringkat dari STQ sebelimnya, di Kandangan, Hulu Sungai Selatan lalu. Yaitu dari peringkat sembilan ke peringat delapan se Kalsel.

Hal itu dikatakan Kasubag Keagamaan Bagian Kesra Setda Kabupaten Tabalong Fariduddin ketika diwawacarai di Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Tabalong, Tanjung, Tabalong Senin (13/5) kemarin.

“Tabalong tidak ada yang juara satu. Yang ada juara dua, tiga dan empat. Jadi tidak ada yang menjadi wakil Kalsel ke tingkat nasional. Tapi prestasi in tetap membanggakan” sebutnya, di salah ruang kantor bupati.

Dia menyebutkan, hal yang lebih membanggakan itu tidak hanya soal prestasi yang dicapai. Melaikan karena kafilah yang menampilkan seluruh kebolehannya di STQ provinsi adalah warga asli Tabalong. ” Kafilah Tabalong asli orang Tabalong semua, tidak ada yang dicabut dari luar daerah. Semuanya berdomisili di Tabalong,” katanya.

Dari semua kafilah yang berhasil meraih juara, yang terbaik dari semuanya adalah kafilah Rabana asal Pugaan, Tabalong. Pasalnya, hanya dialah berhasil menjadi meraih juara kedua. Dimana sebelumnya  terpilih menjadi juara pertama tingkat kabupaten.

“Penampilannya bagus rabana asal Pugaan. Wajar saja mereka menang di tingkat provinsi,” ujarnya, memuji tim rabana tuan rumah festival STQ Kabupaten Tabalong tahun 2013. (Radar Banjarmasin)